Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar M. Jusuf kalla mengatakan DPP telah meminta Dewan Pimpinan Daerah (DPD) untuk menginventarisasi berbagai hal terkait dengan soal pencalonan presiden tahun 2009.

"Jadi DPP minta kepada daerah untuk menginventarisasi," kata Kalla di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya beredar kadar DPP telah mengirimkan surat edaran kepada DPD-DPD agar menghentikan segala aktifitas yang berkaitan dengan proses penjaringan calon presiden 2009. Menurut Jusuf Kalla untuk inventarisasi penjaringan tetap akan dijalankan. Namun, tambahnya tidak untuk isu-isu yang besar seperti penentuan nama capres.

Partai Golkar, kata dia, akan fokus terlebih dahulu pada pemenangan pemilu legislatif. Dan hal itu, tambahnya sudah menjadi keputusan partai.

Ketika ditanyakan apakah itu berarti DPP mengehntikan wacana Capres 2009 dari partai Golkar ?.

"Oh iya, karena (itu) belum waktunya," kata kalla.

Sementara mengenai petunjuk pelaksanaan untuk penentuan capres partai Golkar 2009, Kalla mengatakan hal tersebut sedang disusun oleh tim. Meskipun tidak menjelaskan secara rinci seperti apa mekanismenya.

Sebelumnya empat orang kader partai Golkar yakni Sri Sultan HB X, Yudhi Chrisnandi, Fadel Muhammad dan Marwah Daub melakukan safari keliling daerah dalam rangka penjajakan untuk maju sebagai calon presiden 2009. Atas aktifitas ke empat kadernya tersebut, Jusuf Kalla memperbolehkan selama dalam safarinya tidak menggunakan atribut Partai Golkar. Menurut Kalla hal itu dilakukana karena partai Golkar hingga saat ini belum menentukan capres dan baru akan memutuskannya setelah hasil pemilu legislatif diketahui.

Dalam pandangan Kalla safari yang dilakukan ke empat kadernya tersebut, jika tanpa atribut partai Golkar sama seperti yang dilakukannya pada tahun 2004 lalu. (*)

Pewarta: anton
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2008