Denpasar, (ANTARA News) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meraih keuntungan sebesar Rp48 triliun selama tahun 2008.

"Keuntungan tersebut disumbangkan oleh 135 BUMN yang ada dan sekitar 135 buah anak perusahaan," kata Deputi II Bidang Usaha dan Jasa Kementerian BUMN Muchayat di Pura Sakenan Kelurahan Serangan, 16 km selatan Denpasar Senin.

Di sela-sela penanaman 28.000 pohon oleh karyawan BUMN di Bali, ia mengatakan keuntungan yang diraih tersebut diharapkan dapat ditingkatkan pada masa-masa mendatang.

Dari keuntungan yang diraih BUMN tersebut 1,5 persen hingga 2,5 persen disisihkan untuk program peduli lingkungan dengan melakukan penanaman berbagai jenis pepohonan.

Muchayat menjelaskan, masing-masing BUMN yang menyisihkan sebagian keuntungan yang diperoleh untuk kelestarian lingkungan hingga kini telah terkumpul sekitar 28 juta berbagai jenis pohon.

Pepohonan yang terkumpul tahap pertama itu ditanam di seluruh daerah di Indonesia, bekerjasama dengan propinsi, kabupaten/kota.

Dengan bekerjasama dengan masyarakat dan Pemkab/Pemprop setempat, penanaman itu dapat dilakukan di darah-daerah yang memang membutuhkan sentuhan penanaman pepohonan, ujar Muchayat dalam acara yang dihadiri ratusan karyawan BUMN di Bali.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2008