Jakarta (ANTARA News) - Dua tanggul penahan air di kawasan Jakarta Utara dilaporkan jebol sehingga menimbulkan genangan air di sebagian wilayah itu.

Menurut Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Selasa, dua tanggul yang jebol tersebut terletak di depan Mal Artha Gading di Jalan Boulevard, Kelapa Gading, dan satu lagi di depan gedung "showroom" KIA di Jalan Yos Sudarso.

Tanggul yang jebol di depan Mal Artha Gading terjadi karena derasnya arus dari Kali Sunter sehingga terjadi genangan di Jalan Boulevard setinggi 30 cm.

Sementara itu, tanggul yang jebol di depan "showroom" KIA Yos Sudarso menyebabkan genangan air hingga setinggi 40 cm.

Genangan air menyebabkan kendaraan yang melintas di Jalan Yos Sudarso dari arah Plumpang menuju ke arah Cempaka Putih dialihkan melalui jalan tol.

Kendaraan menuju Cempaka Putih dan sekitarnya dialihkan melalui pintu tol Tanjung Priok dan keluar melewati gerbang tol Rawamangun.

Sedangkan untuk arah sebaliknya, kendaraan dialihkan untuk masuk melalui pintu tol Sunter dan keluar dari gerbang tol Podomoro.

Semua kendaraan dialihkan melalui jalan tol, termasuk pula kendaraan roda dua yaitu sepeda motor.

Pengalihan arus juga terjadi di Jalan RE Martadinata akibat genangan air di depan Hotel Alexis, sehingga arus lalu lintas yang menuju Pluit dialihkan melalui Jalan Karang Bolong Raya.

Tol Cipularang


TMC juga menginformasikan bahwa terjadi peristiwa tanah longsor di ruas jalan tol Cipularang arah Bandung, Jawa Barat, tepatnya di kilometer 114.

Akibat longsor tersebut terjadi antrean panjang hingga sekitar satu kilometer di lajur yang bergerak dari Jakarta menuju Bandung.

Untuk itu, petugas juga telah mengalihkan arus lalu lintas yang melewati tol Cipularang menuju ke arah Bandung dengan dialihkan melalui pintu keluar tol Jatiluhur.
(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009