Kairo,  (ANTARA News) - Seorang pejabat senior Liga Arab mengecam keras penyataan Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni, yang  dalam pidatonya baru-baru ini menyatakan bahwa warga Arab di Israel harus meninggalkan Israel dan  tinggal di negara Palestina masa mendatang, kantor berita Mesir, MENA, melaporkan, Selasa.

Pernyataan semacam itu akan menimbulkan kecaman dari Liga Arab dan negara-negara Arab, kata Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab Urusan Palestina Mohamed Sobeih seperti dikutip MENA.

Sobeih mengatakan pernyataan Livni mengenai negara murni Yahudi itu sangat berbahaya, dan ia menegaskan bahwa pemindahan warga Arab Israel ke wilayah negara Palestina mendatang akan menimbulkan malapetaka kawasan.

"Para warga Arab itu adalah pemilik sejati tanah tempat tinggal mereka di Israel," kata Sobeih.

Pada hari Kamis, saat bertemu dengan para siswi sekolah menengah atas di Tel Aviv, Livni mengatakan warga Arab di Israel harus meninggalkan Israel untuk tinggal di negara Palestina jika negara itu terbentuk.

Bulan lalu, Linvi memicu kemarahan para warga Arab anggota Knesset (parlemen Israel), ketika ia mengatakan harus diperjelas bagi setiap orang bahwa negara Israel adalah tanah air bagi warga Yahudi.

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2008