Jakarta,  (ANTARA News) - Rombongan Timnas Indonesia yang berkekuatan 22 pemain bertolak menuju kota Bangkok, Thailand, pada Kamis pukul 13.05 WIB untuk tampil di leg kedua semi final AFF Suzuki Cup 2008 menghadapi Thailand yang akan berlangsung pada Sabtu (20/12) di Stadion Rajamanggala, Bangkok Thailand.

Firman Utina dkk terbang menggunakan maskapai Thai Airways dan menempuh perjalanan lebih kurang tiga setengah jam.

Laga ini juga akan disiarkan secara langsung oleh RCTI mulai pukul 19:00 WIB.

Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk merebut tiket ke Final turnamen dua tahunan ini walaupun kalah 0-1 dari Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Striker Timnas Indonesia, Budi Sudarsono kepada wartawan mengatakan, keyakinannya dapat menang saat bertanding di Thailand nanti. "Tidak ada pilihan lain, kitapun sudah sangat memahami permainan Thailand," katanya.

Hal yang sama dikemukakan kiper Markus Harison yang tak gentar bermain di kandang Thailand. "Peluang masih sama kuat, kita akan bermain lebih rileks dan tidak melakukan kesalahan seperti partai pertama lalu. Dan ingat, sepakbola bukanlah matematika, meski kalah di kandang, belum tentu saat tandang kita jeblok lagi," katanya.

Sementara pelatih Timnas Indonesia Benny Dollo menfokuskan dengan menjaga kepercayaan diri pemain sehingga membuat nyali mereka tetap tinggi. "Kita butuh pemain yang memiliki "fighting spirit" tinggi untuk merepotkan Thailand di kandangnya," katanya.

Sementara partai semifinal lainnia, Timnas sepak bola Vietnam menahan imbang 0-0 juara bertahan Singapura di leg pertama babak semifinal AFF Suzuki Cup 2008 yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu.

Kedudukan masih imbang tanpa gol di babak pertama. Vietnam menguasai bola dengan sejumlah peluang yang membahayakan gawang Singapura yang dijagakiper lionel Lewis.

Di babak kedua, kedua kesebelasan belum mampu menciptakan gol hingga berakhirnya pertandingan. Vietnam melaju ke semifinal setelah menempati urutan runner up grup B.

Di babak penyisihan, Vietnam kalah 0-2 lawan Thailand, mengalahkan Malaysia 3-2 dan menang 4-0 lawan Laos.

Juara bertahan Singapura melangkah ke semifinal di posisi juara grup A dengan mengalahkan 5-0 lawan Kamboja, menang 3-1 lawan Myanmar dan menumbangkan Indonesia 2-0.

Leg kedua partai ini akan berlangsung di Stadion Nasional Singapura pada 21 Desember untuk merebut tiket ke final.(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2008