Sumenep (ANTARA News) - Angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jumat malam, secara keseluruhan melanda tiga desa yang bersebelahan, yakni, Desa Meddelan, Desa Cangkreng, dan Desa Pore.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Lenteng, Iptu Imam Subechi, menjelaskan bahwa pihaknya baru mengecek langsung ke Desa Pore, tepatnya di Dusun Pore Tengah, yang sebelumnya hanya dikabarkan diterjang angin puting beliung.

"Angin puting beliung ternyata merembet ke Dusun Pore Tengah, Desa Pore. Sehingga, secara keseluruhan ada tiga desa yang dilanda angin puting beliung," katanya di Sumenep.

Ia menyatakan, diduga angin puting beliung di Dusun Pocang, Desa Cangkreng, lebih lama dibandingkan di dua desa lainnya.

"Kerusakan paling parah terjadi di Desa Cangkreng, yakni 18 bangunan berupa satu masjid, satu musala, dan 16 rumah warga. Sedang di Dusun Pore Tengah, Desa Pore, terdapat 12 rumah yang rusak dan di Dusun Tonggal, Desa Meddelan hanya dua rumah," katanya.

Imam menjelaskan, puluhan bangunan di tiga desa tersebut hanya mengalami kerusakan ringan, berupa bagian atasnya saja (genting dan asbes) yang dihempas angin puting beliung.

"Kami masih di lapangan untuk mengetahui secara rinci dan pasti dampak yang ditimbulkan musibah angin puting beliung ini. Tapi, saya pastikan tidak ada korban jiwa. Listrik di tiga desa yang menjadi lokasi musibah memang sempat dipadamkan," katanya menambahkan. (*)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2008