Bandung (ANTARA News) - Tanah longsor di kilometer 114.800 Tol Purbaleuenyi menyebabkan arus lalu lintas di jalur itu terhambat sehingga kendaraan dari arah Bandung terpaksa keluar melalui pintu tol Sadang atau Purwakarta.

Hujan deras yang terjadi Selasa pagi memicu tanah tebing di pinggir tol longsong," kata Petugas Sentral Komunikasi Tol Purbaleunyi, Jeje.

Kemacetan terjadi di kedua arah sepanjang 10 kilometer pada pukul 12.00 sampai 14.00 WIB. Polisi dan petugas Jasa Marga sedang membantu mengatur arus lalulintas mengurangi kemacetan di jalan sekitar kawasan Padalarang tersebut.

"Kita masih belum tau kapan selesai perbaikan, tapi sekarang sedang terus dilaksanakan," katanya menjawab kapan jalan longsor itu bisa diatasi.

Jalan tol Purbaleunyi dari Jakarta terbagi dari dua ruas, masing-masing ruas Tol Jakarta-Cikampek 67 KM, dan ruas Karawang atau Cikampek-Cileunyi 98 KM.

Arus lalulintas di tol Purbaleunyi umumnya mengalami kepadatan pada akhir minggu dan hari libur karena banyaknya warga Jakarta dan sekitarnya yang berlibur ke Bandung.
(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009