Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (3/2) kemarin, mulai dari Menaker pastikan TKA asal China aman dari virus corona hingga Mentan pastikan kecukupan pasokan bawang putih meski impor dihentikan akibat virus corona.

Berikut berita-berita ekonomi yang masih menarik untuk disimak:
 

1. Menaker pastikan TKA asal China aman dari virus corona Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah memastikan tenaga kerja asing (TKA) asal China yang bekerja di Indonesia aman dan tidak terdampak dari virus Corona yang sedang mewabah di negara asal mereka.

“Kalau mereka sudah bekerja di sini (sebelum ada wabah virus Corona) tidak masalah,” katanya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini
 

2. Penerbangan ke China ditunda, rute dialihkan ke Asia Selatan

Pemerintah memutuskan untuk menunda penerbangan dari dan ke China guna menghindari dampak buruk virus corona berdasarkan acuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan sebagai tindak lanjutnya Kementerian Perhubungan mengimbau maskapai untuk mengalihkan rute ke wilayah lain, seperti Asia Selatan.

“Ada dua tempat yang akan mereka tuju, paling masif Asia seperti, India, Pakistan, Nepal belum memiliki konektivitas maksimal juga Australia,” kata Menhub Budi.

Baca selengkapnya di sini
 

3. Menhub pastikan penerbangan terakhir dari China angkut semua WNI

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan penerbangan terakhir dari China sebelum penundaan sementara mulai Rabu (5/2), akan mengangkut seluruh Warga Negara Indonesia (WNI).

“Kalau 3.000 orang mestinya dengan seluruh penerbangan yang ada, cukup,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers di Gedung Kemenhub Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini
 


4. Rupiah awal pekan melemah seiring penyebaran virus corona Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan melemah seiring sentimen pasar terkait penyebaran virus corona.

Pada pukul 10.15 WIB, rupiah bergerak melemah 67 poin atau 0,49 persen menjadi Rp13.722 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya di level Rp13.655 per dolar AS.

"Kabar bertambahnya penyebaran virus corona di China dan global memicu kembalinya kekhawatiran pasar sehingga harga aset-aset berisiko mengalami penurunan," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Mentan: Pasokan bawang putih cukup meski pemerintah hentikan impor Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan pasokan bawang putih dalam negeri cukup tersedia meski pemerintah menghentikan impor sementara dari China menyusul pengumuman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa virus corona sebagai darurat global.

"Cadangan untuk bawang putih panen lokal kami sudah siapkan. Insya Allah memenuhi apa yang menjadi kebutuhan," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020