Pasuruan (ANTARA News) - Bertepatan dengan hari Natal 2008, lahir seekor Orangutan Kalimantan (Pogo Pygmaeus pygmaeus) di Taman Safari Indonesia II Prigen Jawa Timur, Kamis (25/12).

Bayi orangutan jenis betina yang dilahirkan dari pasangan induk betina Sinta (11), dan pejanatan Benny (19) diberi nama Natalia.

Drh. Nanang yang mengawasi kelahiran satwa langka dan dilindungi itu mengatakan, proses kelahiran kedua bayi orangutan dari pasangan induk Sinta da Benny
berjalan normal.

Dijelaskan, proses kelahirannnya berlangsung Kamis (25/12) sekitar pukul 02.00 dini di kandang beranak yang telah dipersiapkan.

Bayi orangutan seberat sekitar 1.000 gram terlihat sehat. Induaknya juga terlihat menyayangi, dan setiap saat selalau menjilati untuk mengeringkan rambut bayinya.

"Yang melegakan sekitar satu jam kemudian bayi ortangutan berhasil menyusu induknya," kata Drh. Nanang.

Nanang mengungkapkan, hal tersebaut menandakan si induk telah memiliki mothering ability (naluri keindukan) yang bagus.

Kini induk orangutan beserta bayinya masih dalam ektra ketat perawatan di kandang karantina Taman Safari Indonesia II Prigen.

Pada pascakelahiran, induk orangutan harus mendapat tambahan vitamin untuk memperlancar proses menyusui untuk menunjang kesehatan bayinya.

Direktur Taman Safari Indonesia Tony Sumampau mengungkapkan, kelahiran seekor orangutan tersebaut membanggakan bagi Taman Safari Indonesia.

Hal tersebut menunjukkan keberhasilan Taman Safari Indonesia sebagai lembaga konservasi eks situ dalam menagkarkan sarwa langka dan dilindungi.(*)

Pewarta: surya
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2008