Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan/Plt Menko Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati, meluncurkan buku "Era Baru Kebijakan Fiskal: Pemikiran, Konsep, dan Implementasi' Jilid 2 di Gedung Djuanda I Depkeu di Jakarta, Rabu.

Buku itu merupakan kumpulan tulisan dari berbagai penulis termasuk pejabat mantan pejabat di lingkungan Depkeu dan diluncurkan dalam acara ramah tamah akhir tahun 2008.

Editor buku itu, Anggito Abimanyu menyebutkan, 5 tahun lalu Depkeu meluncurkan buku itu ketika Menkeu dijabat Boediono pada tahun 2004.

"Pada jilid 1, terjual 5.000 eksemplar yang digunakan kalangan akademis dengan harga Rp96.000 tanpa perhitungan royalti para penulis sehingga tergolong murah," katanya.

Anggito menyebutkan, buku tersebut dimodifikasi di mana 50 persen penulisnya adalah baru, dan artikel terdahulu disesuaikan dengan kondiais saat ini, dengan fokus tetap reformasi kebijakan fiskal sejak 1966 hinga saat ini.

Buku itu diterbitkan oleh Kompas dalam bentuk e-book (buku elektronik)
dan buku cetak.

Hadir dalam acara peluncuran Menteri Keuangan/Plt Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati dan sejumlah mantan menkeu yaitu JB Soemarlin, Bambang Soebianto, Boediono, Marie Moehammad, dan Fuad Bawazier.

Selain itu juga hadir pejabat dan mantan eselon I Depkeu, pejabat eselon I Kantor Menko Perekonomian, dan kalangan akademisi.

Sementara itu salah seorang penulis di buku itu, Marie Muhammad mengatkan, buku itu antara lain menggambarkan bagaimana implementasi teori disesauikan dengan kondisi lapangan karena untuk aplikasi harus memperhatikan kondisi lapangan yang terjadi.

"Kebijakan ekonomi tak lepas dari kondisi politik pada saat yang bersangkutan, misal anggaran belanja sebelum pemerintahan Soeharto disebut anggaran belanja ala sosialisme Indonesia," katanya mencontohkan.

(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2008