Kairo, (ANTARA News) - Para menteri luar negeri negara-negara Arab mengadakan sidang konsultasi tertutup di Kairo pada Rabu menjelang pertemuan istimewa mereka yang dimulai Rabu sore.

Seperti dilaporkan SPA, delegasi Arab Saudi pada sidang itu dipimpin Pangeran Saud al-Faisal, sebagai menteri luar negeri dan Ketua Dewan Liga Arab yang beranggota para menteri luar negeri.

Mereka mengkaji ulang isu-isu terkait dengan agresi biadab Israel ke Jalur Gaza dan cara-cara untuk diakhirinya agresi itu dan kampanye-kampanye saling tuding antarnegara Arab yang melemahkan sikap Arab menghadapi krisis tersebut.

Sementara itu para menteri mengkaji ulang gagasan-gagasan terkait dengan gerakan Arab di arena internasional bagi pembentukan suatu sikap Arab untuk mengakhiri agresi itu.

Gagasan-gagasan yang dikaji para menteri mencakup pembentukan delegasi tingkat menteri ke PBB dan Dewan Keamanan untuk mengadakan pembicaraan langsung dengan kekuatan internasional dan menyerukan Dewan Keamanan memikul tanggung jawab untuk melestarikan perdamaian dan keamanan dunia.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2008