Lagos (ANTARA News/AFP) - Nigeria diperingatkan oleh seorang pejabat terkemuka FIFA hari Sabtu bahwa negara tersebut akan bisa dicoret dari  kejuaraan dunia U-17 tahun 2009, yang amestinya berlangsung di Lagos bulan Oktober.

"Bila Nigeria tidak bisa bekerja sama, Nigeria tidak akan menyelenggarakannya," demikian peringatan Wakil Presiden FIFA, Jack Warner, yang memimpin suatu tim inspeksi.

"Berbicara secara teknis, hanya stadion Abuja (ibukota federal) dan Ijebu-Ode (Negara Bagian Ogun) yang siap," katanya.

Tim Warner merampungkan inspeksi 10 hari terhadap fasilitas-fasilitas di seluruh negara tersebut.  Sembilan stadion di banyak kota diinspeksi oleh para pejabat itu dimana beberapa fasilitas di lapangan belum rampung.

Nigeria pertamakali menyelenggarakan suatu event FIFA tahun 1999, tetapi Warner mengatakan bahwa standard untuk negara tuan rumah kini jauh lebih tinggi dibanding 10 tahun lalu.

Warner mengatakan, "Kami sudah diberi begitu banyak janji sejak 28 Februari 2007, tetapi kami tidak merasa senang dengan sanitasi dan beberapa hal lainnya di beberapa venue."

Tim inspeksi tersebut diharapkan menyampaikan penemuan-penemuannya pada pertemuan Panitia Penyelenggara Lokal pada 5 Februari. (*)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009