Kuala Lumpur (ANTARA News) - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mengincar suara TKI yang bekerja di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam dengan mendekatkan diri lewat pengurus perwakilan partai di tiga negara itu yang hari Minggu ini dilantik Ketua Umum Hanura Wiranto di Kuala Lumpur.

Wiranto mengatakan, Hanura adalah partai baru yang pertama memiliki perwakilan di luar negeri dan menilai perwakilan parpol di luar negeri sangat penting antara lain untuk menampung aspirasi masyarakat  Indonesia yang berada di luar negeri.

Selain di tiga negara tersebut, Hanura juga akan meresmikan beberapa perwakilan luar negeri lainnya dalam waktu dekat ini, diantaranya perwakilan Arab Saudi, Bahrain, Korea Selatan, Taiwan dan Hongkong.

Jumlah pemilih di Malaysia diperkirakan 800.000 suara, namun pada 2004, suara yang masuk hanya 70.000 suara.

Wiranto memandang sedikitnya suara luar negeri yang menggunakan suaranya kemungkinkan karena banyak partai baru yang enggan mendirikan perwakilan. Hanura sendiri punya tujuan lebihd ari itu, yaitu untuk mendengar dan memperjuangkan aspirasi rakyat Indonesia di luar negeri.

Wiranto mengharapkan nasib para TKI akan semakin baik dan mengaku sedih melihat ada TKI yang dikejar-kejar aparat keamanan negara lain.  Salah satu capres Pemilu 2009 ini bertekad berjuang demi Indonesia yang semakin baik sehingga rakyat tidak perlu lagi bersusah payah mencari kerja di negeri orang.

"Indonesia lebih kaya dari Malaysia," katanya.

Wiranto menilai, mereka bekerja di Malaysia bukan karena gajinya lebih besar dibandingkan Indonesia namun karena di negerinya mereka sulit mencari pekerjaan.

Saat ini Indonesia terpuruk karena salah pengelolaan dimana para pengelolanya mamanajemen negara dengan tidak menggunakan hati nurani. (*)

Pewarta: anton
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009