Jakarta (ANTARA News) - Tim Piala Federasi (Fed) Indonesia gagal menjuarai Grup A, pada babak round robin Grup I Asia/Oceania setelah kalah dari Selandia Baru 1-2 pada penentuan juara grup.

Pada pertandingan yang digelar di State Tennis Center, Perth, Australia, Jumat, seperti disiarkan situs resmi Piala Fed, satu-satunya angka yang diperoleh Indonesia disumbangkan oleh Ayu Fani Damayanti yang menundukkan Kairangi Vano 6-4, 7-6 (4).

Namun, keberhasilan Ayu tidak diikuti Sandy Gumulya yang tampil pada partai kedua. Sandy kalah dari Marina Erakovic dua set langsung 2-6, 4-6 yang membuat kedudukan menjadi 1-1.

Partai ganda yang menjadi partai penentuan mempertemukan pasangan Sandy Gumulya/Ayu Fani Damayanti dengan Marina Erakovic/Kairangi Vano yang dimenangi pasangan Selandia Baru 6-3, 2-6, 6-3.

Kekalahan partai ganda Indonesia memastikan Selandia Baru menjuarai Grup A, Piala Fed Grup I Asia/Oceania sekaligus memperbaiki rekor pertemuan Selandia baru dengan Indonesia menjadi 3-7 dari 10 pertemuan.

Selanjutnya, mereka akan bertemu dengan juara Grup B Australia pada Sabtu untuk menentukan tim yang maju ke play off Grup II Dunia pada April mendatang.

Sedangkan Indonesia akan menghadapi Thailand untuk menentukan tim yang menempati posisi ketiga dan keempat pada Grup I Asia/Oceania. Urutan kelima dan keenam ditentukan antara Korea Selatan dan Uzbekistan, sementara India dan Taiwan akan bertarung untuk menghindari degradasi. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009