Jakarta (ANTARA News) - Pendiri Lippo Group James Riady mengincar penyelenggaraan Formula 1 dapat berlangsung di sirkuit jalan raya, Sirkuit Lippo Village.

"Dalam lima tahun," katanya di Jakarta, Jumat, ketika disinggung salah seorang wartawan soal tenggat waktu yang ditargetkan bahwa sirkuit Lippo Village siap sebagai penyelenggara even balap mobil bergengsi itu.

Menurut dia, kemungkinan sebagai penyelengara tidak tertutup. "Dengan `safety`, sangat mungkin menjadikannya sebuah harapan. Itu mimpi kami," katanya.

Memang batalnya ajang A1GPl pada 6-8 Februari ini membuat sirkuit Lippo Village bekerjasama dengan PP IMI menyelenggarakan kejuaraan GT Car Championship tiga seri untuk bersiap pada gelaran A1 pada 6-8 Nopember mendatang.

James mengatakan bahwa di buatnya sirkuit ini dengan visi menempatkan Indonesia di peta dunia. "Kami berupaya menggelar event ini saat terjadi krisis global," katanya.

Ia berupaya sirkuit jalan raya ini dapat mengelar even nasional dan internasional setiap tahun. Sirkuit rencana akan diresmikan Menegpora Adyaksa Dault.

"Bagi pemilik kartu kredit masuk gratis. Kejuaraan ini adalah even keluarga dan merupakan sebuah festival," katanya.

Sementara itu, Irawan Sucahyono, Ketua Bidang Olahraga IMI menyambut baik Indonesia dapat menyelenggarakan event sekelas F1. "Ini adalah mimpi kita semua," katanya.

Sirkuit Lippo Village ini sendiri merupakan sirkuit jalan raya pertama dengan standar internasional di Indonesia. Sirkuit di Tangerang Banten ini memiliki trek lurus yang memungkinkan para pembala memacu kendaraan hingga mencapai kecepatan tertinggi 300 kilometer/Jam.

Sirkuit yang dirancang Herman Tilke ini menghabiskan dan 15 juta dolar AS memiliki panjang 3,2 km dan lebar 9-12 meter serta tribun dengan kapasitas 6.000 orang dilengkapi berbagai fasilitas seperti hotel berbintang lima, Rumah Sakit Internasional, perkantoran, sarana helikopter, sarana parkir, restoran dan pusat makanan.

Usai seri I ini, sirkuit jalan raya ini akan menggelar seri II pada 20-22 Februari. Selama Maret-Oktober akan dilangsungkan berbagai lomba otomotif. Sedang pada 6-8 November dijadwalkan akan berlangsung lomba A1 GP.

Sementara jadwal Sabtu (7/2) pembalap akan melaksanakan kualifikasi waktu dan lomba dilangsungkan pada Minggu (8/9) dengan kelas GT Car, Super Touring, One Make Race (OMR) Honda Jazz dan OMR Ford Focus. Selain itu juga akan berlangsung lomba lari marathon sejauh 6 km.(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009