Jakarta  (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan promosi "Aku Cinta Indonesia" akan difokuskan pada enam produk yang memiliki pangsa pasar besar di dalam negeri.

"Yang kita sudah ketahui pasar dalam negerinya besar seperti makanan dan minuman, busana, sepatu, asesoris serta jasa seperti film dan musik.

Jadi semua yang ada hubungannya dengan industri kreatif," katanya di Jakarta, Jumat.

Kampenye "Aku Cinta Indonesia" itu bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar produk dan jasa dalam negeri di pasar lokal. Mendag mengatakan program tersebut akan dilaksanakan oleh seluruh departemen dan instansi
pemerintah.

"Kalau Departemen Kebudayaan dan Pariwisata misalnya memiliki program sendiri untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan Nusantara,"ujarnya.

Selain kampanye "Aku Cinta Indonesia", pemerintah juga menerbitkan Instruksi Presiden mengenai kewajiban menggunakan produk dan jasa dalam negeri bagi instansi pemerintah.

"Inpres itu kaitannya dengan pengadaan pemerintah, BUMN dan BUMD.

Sebenarnya itu sudah ada aturannya di Kepres No.80, ini hanya dipertegas saja. Ada beberapa detil yang akan mempermudah untuk dilaksanakan,"jelas Mari.

Beberapa detil yang diatur dalam Inpres terbaru ini antara lain penegasan cara menghitung porsi penggunaan produk dan jasa dalam negeri serta implementasi operasinya. (*)

COPYRIGHT © ANTARA 2009