London (ANTARA News) - Iring-iringan lebih dari 100 kendaraan berisi bantuan  tujuan perjalanan ke Gaza telah meninggalkan London, Sabtu.

Konvoi itu, yang mencakup 12 mobil ambulans dan satu mesin pemadam kebakaran, mengangkut bantuan senilai lebih dari satu juta pound (1,4 juta dolar).

Kendaraan itu akan melakukan perjalanan sejauh 8.000 kilometer melalui Prancis, Spanyol, dan Afrika Utara, melintas dari Mesir ke Gaza di Rafah awal Maret. Konvoi itu diorganisir oleh kelompok payung Viva Palestina.

Ratusan sukarelawan menjalankan konvoi itu, yang termasuk sebuah kapal, sejumlah truk penuh obat, perkakas, pakaian, selimut dan berkotak-kota sepatu, hadiah bawaan untuk anak-anak.

"Ada intifada yang meluas di Inggris. Ini gerakan besar-besaran dan damai untuk mendukung penduduk Gaza dan Palestina yang terkepung," kata anggota parlemen George Galloway pro-Palestina, yang akan membantu menggerakkan konvoy.

"Ini terjadi di mana saja, tapi khususnya kuat di bagian utara Inggris dan khususnya di antara kaum muda Muslim.

"Kami akan memimpin konvoi terbesar kendaraan Inggris melintasi Afrika Utara sejak Montgomery."

Panglima tertinggi Inggris Bernard Montgomery memimpin pasukan sekutu pada Pertempuran El Alamien di Mesir pada 1942, saat menentukan dalam Perang Dunia II.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009