London (ANTARA News) - Pelatih Rusia dan Chelsea Guus Hiddink berencana akan mundur dari sepakbola setelah Piala Dunia 2010.

Pelatih asal Belanda itu akan mengasuh klub liga utama Inggris Chelsea hingga akhir musim setelah pekan lalu mengambil alih tugas sebagai pelatih dari Luiz Felipe Scolari yang dipecat, seperti diwartakan Reuters.

"Saya pikir saya akan mundur pada musim panas 2010 setelah Piala Dunia," kata Hiddink kepada Sunday Mirror.

"Setelah itu saya hanya akan berputar-putar mengendara Harley-Davidson saya dan saya akan menjadi seorang duta untuk Nike," katanya.

"Dan saya akan peduli, secara pribadi terhadap proyek saya sendiri di Tanzania," tambahnya.

Hiddink mengatakan bahwa lolos kualifikasi Liga Champion merupakan target utamanya.

"Chelsea ingin lolos ke Liga Champion, itu misi yang saya terima dari pemilik klub Roman Abramovich -- itu sederhana tampaknya," katanya.

"Itu tantangan tapi saya pikir saya bisa memegang tugas ketika saya lihat kualitas skuad," tambahnya.

Abramovich juga membayar Hiddink sebagai pelatih Rusia, dan jika mantan pelatih Korsel dan Australia itu sukses tidak mustahil milyader asal Rusia itu akan memperpanjang kontraknya.

"Anda tidak pernah tahu, secara prinsip seharusnya saya kembali ke  federasi Rusia (pada akhir musim ini)," kata Hiddink.

"Ada dua skenario, saya kembali atau saya melakukan dengan baik dan kami akan lihat," tambahnya.

Chelsea tertinggal selisih tujuh poin dengan pimpinan klasemen liga Manchester United, dan bisa saja meningkat menjadi 10 jika United menang melawan Fulham pada pertandingan Rabu.

Hiddink akan bermarkas di London untuk istirahat musim, beberapa hari kemudian membawa Chelsea ke Aston Villa dalam pertandingan pertama selama tugasnya di Chelsea.

"Saya harus berada di sini selama sekitar empat bulan, saya perlu mendekat ke klub -- itu hari-hari kerja saya, itu akan menjadi pekerjaan besar dan tentunya tidak mudah," tambahnya. (*)

Pewarta: anton
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009