Johannesburg (ANTARA News/AFP) - Pemesanan untuk tiga juta tiket Piala Dunia FIFA 2010 akan dibuka hari Jumat, dengan 120.000 tiket diperuntukan penduduk setempat dengan harga diskon guna menyaksikan event sepak bola terbesar di dunia itu, kata panitia penyelenggara.
    
"Dirampungkannya pembangunan stadion-stadion lebih awal memungkinkan kami untuk menentukan jumlah tiket yang tersedia, sekarang ini kami memperkirakan tiga juta tiket yang tersedia," kata ketua penjualan tiket, David Will.
    
Blanko pemesanan tiket tersedia "online" di www.fifa.com pada Jumat tengah malam.
      
Tiket akan dijual dengan mata uang dolar AS, dengan satu orang hanya  dibolehkan memesan empat tiket untuk setiap pertandingan untuk maksimum tujuh pertandingan. Seorang pemesan tiket tidak dibolehkan memesan untuk dua pertandingan yang diselenggarakan di hari yang sama.
    
Penduduk Afrika Selatan juga akan dibolehkan membayar tiket dengan mata uang setempat, rand, dengan nilai tukar yang sudah ditetapkan di kantor-kantor cabang bank setempat, First National Bank, yang merupakan salah satu sponsor turnamen tersebut.
    
"FIFA dan panitia penyelenggara memutuskan untuk menetapkan nilai tukar 7 ZAR untuk satu dolar AS dalam upaya  memberlakukan harga konstan di seluruh proses penjualan," kata Will.
    
Nilai tukar hari Rabu ialah 10,2 rand untuk satu dolar AS.
    
Sejumlah 120.000 tiket, yang dikenal sebagai kategori empat tiket, aakan disediakan untuk penduduk negara tuan rumah dan akan dijual dengan harga yang sudah didiskon untuk menjamin bahwa para partner FIFA dan orang kebanyakan, termasuk tenaga kerja pembangunan stadion, mempunyai kesempatan untuk menyaksikan Piala Dunia tersebut.
    
"Kami menyadari bahwa di Afrika Selatan tidak semua orang mempunyai akses ke internet atau mempunyai credit card," kata Wills.
      
Piala Dunia 2010, yang pertama kali diselenggarakan di benua Afrika, akan dimulai bulan Juni 2010.(*)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009