Jakarta (ANTARA News) - Pameran Bursa Kerja "The 13th BINUS Job Expo" yang Binus Career Universitas Bina Nusantara (Ubinus) menawarkan 400 lowongan dari 70 perusahaan berskala nasional dan multinasional.

Manager Binus Career Farrah Mahdaly mengatakan, kegiatan tersebut untuk menjembatani para pencari kerja baik mahasiswa Binus maupun lulusan perguruan tinggi lainnya dengan dunia usaha.

"Acara ini untuk membantu para mahasiswa terutama yang sedang menunggu waktu wisuda, dalam pengerjaan tugas akhir serta yang sudah lulus,"kata Farah disela Binus Job Expo di Kampus Anggrek Ubinus, Jakarta, Rabu.

Dalam situasi krisis seperti ini, kegiatan yang berlangsung 17-18 Februari 2009 itu tidak disia-siakan para pencari kerja sebagai tempat mencari pekerjaan, hal ini terlihat dari jumlah pengunjung lebih dari 4000 orang selama dua hari.

Staf Media Relation Binus Career Sheila mengatakan, masyarakat sangat antusias dengan pameran kerja yang diikuti 70 perusahaan karena memiliki kesempatan luas untuk memilih yang sesuai dengan kapasitas mereka.

"sistem tes dan wawancara langsung di tempat yang dilakukan beberapa perusahaan mempermudah pencari kerja. Mereka bisa langsung ikut dalam serangkaian tes masuk sebuah perusahaan,"kata Sheila

Novianto seorang pengunjung dari universitas swasta di Jogjakarta mengatakan, acara Job Expo itu sangat membantu para pencari kerja, karena kondisi perekonomian yang sedang krisis banyak perusahaan yang melakukan pemutusah hubungan kerja (PHK).

"Acara ini sangat membantu dan efektif, ada peluang kerja di tengah krisis ekonomi dan berasal dari perusahaan-perusahaan besar,"

Sementara itu, beberapa perusahaan yang ikut serta dalam acara Binus Job Expo antara lain Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Astra International, Astra Honda Motor, Indomobil Finace, Prudential, Kompas Gramedia, Exelcomindo, The Royal Bank of Scotland (RBS), Toshiba.

Assistant Vice President Human Capital Group PT Bank Mandiri Haryoko P. mengatakan, keikutsertaanya dalam acara ini bertujuan mencari potensi-potensi baru dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta dan sekitarnya.

"Kami masih mencari lulusan-lulusan yang berpotensi tentunya dari perguruaan tinggi yang sudah menjadi target kami,"katanya

Haryoko menambahkan, Bank Mandiri menawarkan berbagai posisi mulai dari Officer Development Program (ODP), administrasi, accounting dan lainya,

"Dari berbagai posisi yang kami tawarkan, pada hari pertama masuk sekitar 450 pelamar dan sudah dalam proses penyeleksian pagi ini, untuk hari kedua kami masih belum menghitung total keseluruhan,"tambahnya

Hal serupa disampaikan Recruitment And Career Development Human Capital Development Division PT Astra International Ita Aryanti, pihaknya telah lama bekerja sama dengan Ubinus, dalam acara kali ini tentunya dimanfaatkan sebagai pencariaan tenaga baru guna mengisi kebutuhan di group.

"Binus telah banyak memberikan kontribusi pada Astra International, lulusannya sudah menjadi jaminan tersendiri bagi pihaknya,namun kami tidak menutup kemungkinan dari perguruan tinggi lainnya untuk ikut bersaing,"kata Ita.

Astra International sudah menerima sekitar 1.200 pelamar selama acara berlangsung dari enam bidang pekerjaan yang ditawarkan yakni, accounting, MT-Finace,MT-Sales Supervisor, MT-Service,dan Programer.(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009