Mataram (ANTARA News) - Sedikitnya lima buah rumah warga di Dusun Buami, Desa Bentek, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB rusak akibat diterjang tanah longsor.

"Longsor terjadi akibat hujan lebat yang menyebabkan tanah pegunungan runtuh dan menimpa rumah penduduk," kata Suharman anggota Polisi Pamong Praja (Pol PP) , Kecamatan Pemenang, Minggu.

Puluhan Kepala Keluarga (KK) penduduk Bentek bermukim di bawah gunung sehingga dikhawatirkan akan menjadi korban bila longsor susulan terjadi.

Para korban longsor tersebut kini diungsikan ke rumah-rumah keluarga terdekat sementara menunggu bantuan pemerintah untuk perbaikan rumahnya.

Masyarakat sudah dihimbau oleh pemerintah untuk tidak membuat rumah dibawah gunung yang rawan terhadap bencana alam termausk longsor, namun mereka tidak mau menghiraukan.

"Apalagi sekarang ini musim penghujan, tidak menutup kemungkinan longsor akan terjadi lagi dan sebelumnya juga terjadi longsor di Desa Bangket, Pemenang yang mengakibatkan tiga rumah penduduk rusak," katanya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009