Jakarta (ANTARA News) - Menteri Negara Koperasi dan UKM,Suryadharma Ali, meminta usaha-usaha besar untuk mengembangkan kemitraan dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) demi menumbuhkan iklim usaha yang kondusif.

"Program kemitraan antara Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan Usaha Besar, sudah diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 1997 Tentang Kemitraan dan Undang-undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, khususnya Pasal 7 dan 11 mengenai penumbuhan iklim usaha," kata Suryadharma Ali dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, hal itu pada intinya ditujukan antara lain untuk mewujudkan kemitraan antara UMKM dengan Usaha Besar, mendorong terjadinya hubungan yang saling menguntungkan dalam pelaksanaan transaksi usaha antar UMKM, serta antara UMKM dengan Usaha Besar.

"Melalui program kemitraan ini maka akan semakin banyak UMKM yang dapat dibiayai oleh perbankan dalam pengembangan usahanya," katanya.

Upaya tersebut juga diharapkan dapat menjadi dorongan bagi lembaga keuangan bank untuk mengembangkan program kemitraan demi pemberdayaan UMKM.

Ia mencontohkan, wujud program kemitraan yang sudah dilakukan di antaranya dilakukannya penandatangan perjanjian kredit tanpa agunan pada Senin (23/2) antara Bank Permata dengan UKM binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

"Peran dari YDBA dalam membina dan mengembangkan UMKM, diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja," katanya.

Menurut Menteri, pelaksanaan perjanjian kredit tanpa agunan antara Bank Permata dengan UKM Binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) mencerminkan kepedulian dan kepercayaan dari pihak perbankan atas eksistensi UMKM, yang selama ini sering dianggap tidak layak untuk memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan, khususnya perbankan.

"Saya berharap, kepercayaan dari lembaga perbankan kepada UMKM ini dapat terus ditingkatkan dan ditiru oleh bank-bank lainnya sehingga secara berangsur-angsur permasalahan yang dihadapi UMKM di bidang permodalan ini dapat diatasi," katanya.

Suryadharma juga berharap agar UMKM dapat menjaga kepercayaan yang diberikan oleh lembaga perbankan, antara lain dengan menjaga kualitas produk dan jasa yang dihasilkan, kedisiplinan dalam membayar pinjaman, serta moralitas dalam bersikap.  (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009