New York (ANTARA News) - Berbagai indeks penting Wall Street jatuh ke posisi penutupan terendah mereka dalam hampir 12 tahun, di tengah kekecewaan para investor terhadap rencana terakhir Washington untuk menyelamatkan sistem perbankan AS yang 'sakit', para dealer menyatakan.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 250,89 poin, atau 3,41 persen, menjadi 7.114,78, jatuh di bawah posisi terendah ketika pasar mengalami "bearish" (kelesuan) pada November dan terkapar di posisi terendah sejak Mei 1997.

Indeks Standard & Poor's 500 menyusut 26,72 poin, atau 3,47 persen, menjadi 743,33, merupakan posisi akhir terendah sejak April 1997.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq juga meluncur turun 53,51 poin, atau 3,71 persen, menjadi 1.387,72, level terendah sejak November 2008.

Aksi pasar muncul karena otoritas AS mengungkapkan sebuah rencana untuk "menyangga modal" bank-bank yang sakit, namun mereka mengatakan berupaya menghindari nasionalisasi.

Marc Pado, seorang analis dari Cantor Fitzgerald, mengatakan pasar telah mengharapkan rincian lebih lanjut dari rencana pemerintahan Obama untuk menyelamatkan sistem perbankan.

"Pasar masih sedang menghadapi masalah dengan gagasan bahwa kami tidak memperoleh kejelasan, bahwa hal itu diperlukan untuk sistem finansial," kata Pado kepada AFP.

"Itu berita bagus untuk bank-bank bahwa pemerintah mengatakan mereka menyetujui lebih banyak dana talangan (bailout), tapi itu bukan sesuatu yang positif bagi pasar bahwa bank-bank memerlukan dana talangan." (*)

Pewarta: muhaj
COPYRIGHT © ANTARA 2009