Medan (ANTARA News) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mensinyalkan memberikan dukungan kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk dicalonkan sebagai presiden periode 2009-2014.

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  Lukman Edy mengatakan itu di sela-sela peluncuran buku Revolusi Politik Kaum Muda karya M. Umar Syadat Hasibuan, di Medan, Kamis.

Ia mengatakan, jika PKB berhasil meraih suara minimal 15 persen suara, maka pihaknya akan mengambil peranan besar dan menjadi bagian dalam pemerintahan yang akan datang.

Saat ini pihaknya menilai putra terbaik bangsa yang masih layak untuk dicalonkan sebagai pemimpin bangsa ini adalah SBY dengan berbagai prestasi yang diraihnya.

"Menurut kami saat ini yang masih terbaik adalah SBY, namun jika perolehan suara PKB pada pemilu legislatif nanti cukup signifikan 20 persen suara, maka kami akan mencalonkan kader sendiri untuk maju sebagai capres," katanya tanpa menyebutkan tokoh yang akan dicalonkan tersebut.

Sementara menanggapi penyataan Gus Dur agar tidak memilih PKB, menurut dia, justru hal itu membuat suara PKB di Indonesia khususnya di Jawa Timur semakin solid.

Menurut dia, orang-orang NU itu tidak tega jika tidak memilih PKB, meski PKB di goyang kiri kanan. Justru sekarang ini kyai-kyai di Jawa Timur beranggapan bahwa perintah Gus Dur untuk tidak memilih PKB dalam pemilu 2009 maknanya adalah supaya tetap memilih PKB.

"Artinya orang-orang NU (Nahdiyin) tetap diingatkan untuk tidak pindah kelain hati dan tetap memilih PKB,"katanya. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009