Jakarta (ANTARA News) - Cabang pencak silat Indonesia menargetkan gelar juara umum Pekan Olahraga Beladiri Asia yang pertama (1st Asian Martial Art Games/AMAG) 2009 yang akan digelar di Bangkok pada 25 April sampai 3 Mei mendatang.

"Target kita adalah juara umum pada ajang yang untuk pertama kali digelar itu, sekaligus ajang untuk memantau kekuatan lawan menjelang SEA Games 2009 Laos," kata Sekjen Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) Erizal Chaniago saat acara final Sirkuit Pencak Silat Nasional di Padepokan Silat Taman Mini Jakarta, Minggu.

Menurut Erizal yang akrab disapa Ical itu, cabang pencak silat pada AMAG tersebut akan mempertandingkan 12 nomor, masing-masing enam nomor tanding putra dan putri.

Nomor seni yang selama ini menjadi andalan Indonesia untuk meraih emas tidak dipertandingkan di pesta olahraga yang diperkirakan diikuti 2.500 atlet dari 45 negara Asia itu.

Para pesilat dari negara Asia Tenggara menurut Erizal juga akan menggunakan AMAG sebagai ujicoba untuk mengetahui kekuatan lawan dan bukan tidak mungkin negara kuat seperti Thailand dan Malaysia menyimpan atlet terbaik mereka.

"Kita sama-sama tidak mengetahui negara lain mengirim atlet andalan mereka atau tidak," katanya.

AMAG secara keseluruhan akan menggelar sembilan olahraga bela diri. Selain pencak silat, cabang lainnya adalah karatedo, kickboxing, Muaythai, wushu dan kungfu, jujitsu, judo, taekwondo dan kurash.

Lebih jauh Erizal mengatakan, final sirkuit silat nasional tersebut merupakan salah satu ajang seleksi untuk menyaring pesilat yang akan dikirim ke AMAG.

Final yang akan berlangsung sampai 5 Maret tersebut diikuti oleh 118 pesilat dari 22 daerah dan mempertandingkan 12 nomor, masing-masing tujuh nomor di bagian putra dan lima nomor di bagian putri.(*)

Pewarta: imung
COPYRIGHT © ANTARA 2009