Tasikmalaya (ANTARA News) - Jalur lintas selatan Kereta Api (KA) di Tasikmalaya kembali normal, Minggu, setelah sepekan rel KA mengalami kerusakan akibat longsor yang terjadi di Cipeundeuy Kabupaten Garut.

"Mulai hari ini pemberangkatan KA di Tasikmalaya kembali normal," kata Kepala Keberangkatan KA Stasiun Tasikmalaya, Dedi Nurhadi, Minggu.

Ia menambahkan KA yang berangkat dari Bandung atau dari arah barat dan dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur yang melintasi jalur Tasikmalaya sudah beberapa kali diberangkatkan.

Dijelaskannya KA bisnis Lodaya diberangkatkan dari stasiun Kiara Condong, Bandung dengan tujuan akhir stasiun Solo Balapan, dan KA Argo Wilis dari stasiun Bandung tujuan akhir stasiun Gubeng Surabaya, serta KA Pasundan pemberangkatan dari Bandung tujuan stasiun Yogyakarta, begitu juga dari arah sebaliknya yang menuju Bandung kini pemberangkatan dari stasiun Tasikmalaya sudah berjalan lancar.

Namun ia mengatakan untuk setiap KA yang melintasi daerah kerusakan rel di Cipeundeuy laju kecepatannya dikurangi di bawah kecepatan normal.

"Ini dimaksudkan untuk mengurangi hentakan ke bantalan rel KA yang baru di perbaiki," katanya.(*)

Pewarta: anton
COPYRIGHT © ANTARA 2009