Jakarta, 8/3 (ANTARA) - Pemerintah dan sejumlah perusahaan Indonesia mengikuti pameran Sajam Gast International Fair ke-14 di kota terbesar kedua di Kroasia, Split, 4-8 Maret 2009.

Menurut keterangan dari Departemen Luar Negeri di Jakarta, Minggu, keikutsertaan Indonesia dalam pameran tersebut memperoleh sambutan baik dari Pemerintah Kroasia.

Apresiasi itu ditunjukkan dengan kunjungan Presiden Kroasia, Stejpan Mesic ke Pavilliun Indonesia, dengan didampingi oleh Menteri Pariwisata Kroasia, Gubernur Provinsi Split-Dalmatia dan Walikota Split.

Kunjungan tersebut merupakan indikasi keinginan kuat Pemerintah Kroasia untuk meningkatkan hubungan persahabatan antara kedua negara.

Di Pavilliun Indonesia, Presiden Kroasia juga sempat menikmati kopi dan mie instan Indonesia.

Sajam Gast international Fair ke-14 diikuti oleh 200 peserta dari 20 negara di kawasan Eropa dan Asia. Pameran tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang menjadi ajang promosi produk wisata, budaya dan kuliner terkemuka di kawasan laut Adriatik.

Pada tahun ini, Indonesia diwakili oleh Kedutaan Besar RI untuk Romania di Budapest yang juga merangkap Kroasia (KBRI Budapest) dan Indonesia Trade and Promotion Centre (ITPC) Budapest bersama dengan beberapa perusahaan Indonesia yaitu antara lain PT. Indofood Sukses makmur (mie instan dan makanan olahan), Alita Europe (mie instan dan snack), Gampong Coffee Aceh (kopi), PT. Niramas Utama (jeli kelapa dan lidah buaya) dan PT. Toba Surimi Industries (makanan laut kalengan).

Indonesia telah ambil bagian dalam Sajam Gast international Fair sejak tahun 2008. Pameran itu menjadi arena promosi untuk menyebarkan informasi mengenai produk wisata, budaya dan makanan Indonesia ke masyarakat setempat.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009