Seoul (ANTARA News/AFP) - Korea Utara memperingatkan, Senin. mereka akan membalas setiap upaya untuk menyergap sebuah satelit yang akan diluncurkan negara itu dan penembakan satelit itu akan dianggap sebagai perang.

"Kami akan membalas aksi penyergapan satelit kami untuk kepentingan damai dengan serangan balasan segera yang menggunakan peralatan militer paling kuat," kata seorang jurubicara angkatan bersenjata Korea Utara.

"Penembakan satelit kami yang diluncurkan untuk tujuan damai akan berarti perang," kata jurubicara itu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan Kantor Berita KCNA.

Pembalasan itu, kata pernyataan tersebut, akan ditujukan "tidak saja pada semua sarana penyergap yang terlibat namun juga pada markas agresor AS dan Jepang dan boneka Korea Selatan yang menyusun rencana untuk penyergapan itu".

Korea Utara mengatakan bulan lalu bahwa mereka bersiap-siap meluncurkan sebuah satelit, namun AS dan sekutu-sekutunya yakin bahwa Pyongyang mungkin akan melakukan pengujian rudal jarak jauh yang akan meningkatkan ketegangan global.

Pyongyang sebelumnya menguji-coba rudal-rudal dengan samaran peluncuran satelit, dan analis mengatakan bahwa pernyataan negara komunis itu belum lama ini mengindikasikan bahwa mereka akan melakukan pengujian yang akan menarik perhatian.(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009