Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi mengkategorikan peristiwa tergelincirnya pesawat Lion Air jenis MD 90 pada Senin sekitar pukul 15.43 WIB di Bandara Soekarno-Hatta sebagai kecelakaan.

"Itu termasuk accident (kecelakaan) karena struktur pesawat rusak," katanya di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, KNKT telah mengirim empat orang investigator ke lokasi kejadian tergelincirnya pesawat yakni Frans Wenas, Nurcahyo, Sulaiman, dan Tumenggung untuk mendata dan memulai penyelidikan atas kecelakaan tersebut.

"Saat ini mereka sedang memotret dan mendata, belum tahu kapan selesai," katanya.

Tatang belum dapat memperkirakan sampai kapan proses pendataan dan penyelidikan ini selesai. Segera setelah pendataan dan penyelidikan tuntas, pesawat akan dievakuasi dari lokasi.

Mengenai penyebab kecelakaan, Tatang belum berani menduga hingga ada hasil investigasi dari tim KNKT yang telah diturunkan ke lapangan.

Pesawat Lion Air dilaporkan tergelincir ketika mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Pesawat dengan nomor penerbangan JT-937 tujuan Makassar-Jakarta ini tampak masih berada di rerumputan landas pacu.

Saat pesawat berpenumpang 168 orang itu mendarat, kondisi cuaca dalam keadaan hujan. Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut. (*)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009