Tangerang (ANTARA News) - Sebanyak 60 penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten mengalami gangguan terlambat mendarat dan tinggal landas sejak Senin sore hingga malam akibat tergelincirnya pesawat Lion Air.

Kepala Cabang Utama PT Angkasa Pura II, Heryanto kepada ANTARA, Senin malam mengatakan penerbangan yang terganggu itu untuk tujuan domestik dan luar negeri.

Menurut dia, penerbangan ke luar negeri yang terlambat terbang dan mendarat sebanyak 11 maskapai selebihnya penerbangan dalam negeri.

"Keterlambatan itu sejak 30 menit hingga satu jam, pesawat mendarat dan tinggal landas melalui landasan selatan akibat Lion Air tergelincir," katanya.

Pernyataan tersebut terkait pesawat Lion Air tergelincir di landasan pacu bagian selatan Bandara Soekarno-Hatta, Senin pukul 15.43 WIB dari Bandara Hasanudin, Makassar menunju Bandara Soekarno-Hatta.

Pesawat yang tergelincir dengan nomor penerbangan JT-793 itu membawa 168 penumpang dan semuanya dinyatakan selamat, termasuk kru pesawat.

Namun begitu, landasan pacu bagian selatan masih ditutup hingga Selasa (10/3) pukul 02.20 WIB.

Meski terjadi keterlambatan, tapi tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal I dalam negeri dan terminal II luar negeri kedatangan.

Dia menambahkan, pada waktu libur penerbangan melalui bandara terbesar di Indonesia itu mencapai 850 penerbangan lokal dan luar negeri. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009