Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah siap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk periode Januari-Februari 2009 melalui kantor pos di seluruh Indonesia pada Maret ini.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Aburizal Bakrie setelah rapat pembahasan BLT dan stimulus ekonomi di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu, mengatakan, BLT yang akan disalurkan Maret 2009 sebesar Rp3,7 triliun untuk 19,1 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Menurut Menko Kesra, mekanisme penyaluran BLT tidak ada yang berbeda dengan sebelumnya.

"Tidak ada yang beda. BLTnya tetap sama," ujarnya.

Bersamaan dengan penyaluran BLT, pemerintah akan membagikan beras untuk rakyat miskin (raskin) masing-masing 15 kilogram untuk 18,5 juta rumah tangga sasaran dan jaminan kesehatan masyarakat untuk 63 juta orang yang akan dibayar penuh oleh pemerintah.

Ia mengatakan, penyaluran BLT kali ini mengakhiri program bantuan langsung dari pemerintah pada 2009.

"Tidak ada lagi BLT, sudah selesai. Tahun ini memang hanya Rp3,7 triliun untuk BLT. Hanya untuk dua bulan ini, tidak ada lagi," tuturnya.

Ia menambahkan, berkaitan dengan kebijakan pemerintah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak tiga kali, maka DPR hanya memberi persetujuan penyaluran BLT untuk periode Januari-Februari 2009 yang akan disalurkan pada Maret 2009.
(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009