Paris (ANTARA News) - Klub-klub Inggris melakukan sapu bersih setelah empat timnya yang berlaga di babak 16 besar Liga Champions, Selasa dan Rabu, lolos ke babak perempat final.

Dalam pertandingan Rabu (Kamis WIB), juara bertahan Manchester United menyingkirkan Inter Milan, sementara Arsenal lolos ke babak delapan besar setelah menang adu penalti melawan klub Italia lainnya, AS Roma.

Sehari sebelumnya Liverpool dan Chelsea juga telah merebut tiket ke perempatfinal.

Eksekusi pemain AS Roma Max Tonetto yang terlalu tinggi di atas gawang, memastikan kemenangan Arsenal dalam adu penalti tersebut dengan skor 7-6.

Pertandingan di Roma tersebut hingga perpanjangan waktu berakhir dengan skor 1-0 untuk tim tuan rumah melalui gol Juan di menit kesembilan. Dengan demikian dari dua leg, skor imbang 1-1.

"Kami perlu menunjukkan keberanian kami malam ini. Kami agak gugup pada awalnya. Kebobolan satu itu lebih banyak karena ketegangan kami ketimbang peluang yang mereka buat," kata pelatih Arsenal Arsene Wenger kepada Sky Sports.

"Saya harus memberi penghargaan atas keberanian para pemain saya. Ada sesuatu yang muncul di sana, yakni kekuatan mental yang besar. Karakter tim kami sering kali dipertanyakan, tapi saya sudah mengatakan berulang kali bahwa tim ini sangat kuat," katanya.

Delapan tim yang bertahan di Liga Champions adalah Liverpool, Manchester United, Arsenal, Chelsea, Bayern Munich (Jerman), Villarreal (Spanyol), Porto (Portugal) dan Barcelona (Spanyol).

Untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun ini, tidak ada tim dari Italia yang lolos ke perempatfinal Liga Champions tahun ini. (*)

Pewarta: imung
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009