Teheran, (ANTARA News) - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Senin, mengatakan, Barat berusaha menyelesaikan masalah ekonominya dengan melakukan tekanan atas negara lain.

Ia mengeluarkan pernyataan itu sewaktu memberi sambutan dalam pertemuan besar warga lokal di kota Sanandaj, ibukota provinsi Kordestan barat.IRNA-OANA

Ketika menekankan materialisme telah menghadapi kebuntuan, ia mengatakan, hari ini banyak negara di dunia berusaha kembali ke jalur keadilan dan perdamaian serta pesan yang dibawa utusan Tuhan.

Saat merujuk kepada pertemuan Organisasi Kerja Sama Ekonomi (ECO) baru-baru ini, yang diselenggarakan di ibukota Iran, Teheran, Presiden Ahmadinejad mengatakan semua delegasi yang hadir bertekad untuk melewati krisis saat ini yang diciptakan oleh rejim korup.

Mereka yang telah menciptakan krisis keuangan berusaha mengalihkan masalah mereka ke negara lain, katanya.

Ia juga menyatakan peningkatan keadilan, dipertahankannya hak asasi rakyat yang tertindas, konsolidasi persatuan dan dibuatnya kemajuan adalah tugas utama pemerintah Muslim.

Presiden Ahmadinejad dan anggota kabinetnya tiba di Sanandaj, Senin pagi, dalam lawatan dua hari.

Presiden Iran itu mengunjungi Kordestan pada tahap kedua lawatannya ke berbagai provinsi guna menindak-lanjuti pelaksanaan berbagai proyek yang telah disepakati selama babak pertama kunjungannya ke berbagai provinsi.(*)

Pewarta: adit
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009