Dubai (ANTARA News/AFP) - Perusahaan penerbangan Emirates mengatakan, Rabu, telah mengganti dua Airbus A380 untuk jalur Dubai-New York dengan Boeing 777 di tengah menurunnya jumlah penumpang karena ekonomi global yang terus melemah.

"Mulai berlaku 1 Juni, dua pesawat Airbus A380 Emirates, yang saat ini dioperasikan satu kali dalam dua hari penerbangan yang melayani Dubai-New York JFK, akan dioperasikan menjadi tiga kali sepekan melayani jalur Dubai-Toronto dan sekali dalam dua hari dengan layanan Dubai-Bangkok," tulis pernyataan perusahaan.

Jenis A380 itu akan digantikan oleh Boeing B777-300ER untuk layanan New York dan Emirates akan mengevaluasi A380 untuk diterbangkan lagi pada saat kondisi ekonomi membaik, demikian perusahaan lebih jauh.

Senin lalu maskapai ini mengatakan tetap mempercayai Airbus A380, meskipun mengalami beberapa masalah tehnis, dan membantah telah membatalkan pesanan, setelah mingguan Jerman Der Spiegel melaporan Emirates tidak nyaman dengan empat A380 pertamanya.

Perusahaan penerbangan itu merupakan pelanggan terbesar Airbus untuk pesawat `double-decker` jenis A380, dengan jumlah pesanan sebanyak 58 unit. (*)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009