Madrid (ANTARA News/Reuters) - Barcelona memukul Malaga 6-0 di Nou Camp dengan menampilkan sepak bola menyerang yang sangat menarik sehingga memperbaiki keunggulan enam poin mereka di puncak klasemen Liga Utama Spanyol, Minggu.

Samuel Eto`o mencetak gol duakali, sehingga membuat pengumpulan total golnya pada liga musim ini menjadi 25, sementara Xavi, Thierry Henry, Daniel Alves dan Lionel Messi masing-masing menghasilkan satu gol melawan tamu mereka yang tampaknya terlalu hati-hati.

Tim pemimpin klasemen itu mengumpulkan 69 poin dengan 10 pertandingan tersisa, enam poin di atas Real Madrid, yang sebelumnya memimpin dengan kemenangan 3-0 di kandang sendiri atas Almeria dengan dua gol dari Klaas Jan Huntelaar.

Pemain tengah Barca Xavi mengejar umpan Eto`o untuk membuka perolehan angka setelah pertandingan berlangsung 19 menit dan Messi memperdaya tiga pemain dengan gerakan cepat di sayap kanan, dengan melambungkan bola ke gawang pada menit ke-25.

Xavi mengumpan Henry untuk menghindari penjaga gawang dan kemudian Eto`o to membuat kedudukan menjadi 4-0 sebelum turun minum namun tim tuan rumah belum reda.

Andres Iniesta melayangkan umpan ke arena penalti menuju Alves, yang menyundul bola melampaui Inaki Goitia, yang kandas pada menit ke-51, dan, setelah itu, Henry tanpa egois mengumpan Eto`o untuk mencetak gol keduaya.

Malaga, tim yang mengejutkan pada musim ini, bahkan harus mengalami kekalahan yang lebih berat.

"Kami masih bisa bekerja lebih baik," kata pelatih Barca Pep Guardiola.

"Kami memainkan babak pertama dan 15 menit pertama pada babak kedua ... tetapi saya meyakinkan kami bisa mempertahankan level ini selama 90 menit penuh."

Di Bernabeu, Marcelo membuka perolehan angka bagi Real dengan tendangan keras setelah 24 menit namun timnya gagal bermain cemerlang hingga usai turun minum.

Pemain asal Belanda Huntelaar memvoli tinggi hasil elakan pertahanan yang buruk menuju gawang lawan setelah menit ke-53, dan kemudian memastikan kemenangan ke-12 tim tersebut dalam liga dari 13 pertandingan, setelah tembakan Arjen Robben ditahan.

Valencia Menang

Sevilla berada di urutan ketiga dengan 54 poin dan Villarreal keempat dengan 48 poin setelah keduanya menang dalam pertandingan kandang mereka pada Sabtu.

Sepuluh pemain Valencia menang dalam pertandingan pertama mereka sejak awal Februari, ketika Juan Mata menyarangkan bola untuk meraih kemenangan 1-0 di kandang Racing Santander.

Tim Unai Emery itu harus kehilangan pemain belakang Alexis, yang dikeluarkan dari lapangan pada awal babak kedua dan bertahan dari tendangan penalti pada menit terakhir dari Racing setelah tendangan Oscar Serrano membentur mistar gawang.

Valencia berada di posisi keenam dengan 43 poin di bawah Atletico Madrid berdasarkan selisih gol. Atletico kalah 0-2 di kandang Real Mallorca dalam pertandingan Minggu malam.

Di posisi bawah klasemen, sundulan pada menit terakhir dari Javad Nekounam memberi Osasuna kemenangan kandang 1-0 atas Espanyol namun mereka tetap satu poin dari posisi aman di urutan 18 dengan 29 poin, di atas Numancia (26) dan Espanyol (22).
(*)

Pewarta: imung
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009