Teheran,(ANTARA News)- Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Senin, mengatakan di Teheran bahwa Republik Islam Iran berminat melakukan perluasan besar-besaran hubungan dengan Burundi.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Burundi Augustin Nsanze di Teheran, Senin, Presiden Ahmadinejad mengatakan Teheran menyambut baik pemulihan keamanan di Burundi dan rencana pemerintah negeri itu bagi kemajuan dan pembangunan kembali, demikian diwartakan IRNA-OANA.

"Saya berharap rakyat dan pemerintah Burundi akan melakukan tindakan lebih lanjut di jalur pembangunan kembali sehubungan dengan rencana menyeluruh itu," kata Presiden Iran tersebut.

Ia menambahkan ada orang yang tak ingin menyaksikan Burundi maju.

"Ada orang yang itu-itu juga yang selama bertahun-tahun membuat negeri tersebut jadi tidak aman; semua kelompok dan kelompok etnik di Burundi mesti bergabung tangan guna menyiapkan dasar bagi pembangunan kembali lebih lanjut negeri mereka," katanya.

Saat menyampaikan terima kasih kepada presiden Burundi atas pesan tertulisnya, Presiden Ahmadinejad mengatakan Iran siap membantu Burundi melakukan pembangunan dan mewujudkan kemajuannya.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009