Beijing (ANTARA News) - China akan menghadiri dua pertemuan internasional yang khusus membahas permasalahan yang terjadi di Afghanistan sebagai bentuk upaya proaktif mencari solusi penyelesaian krisis di negara itu.

"China akan menghadiri dua pertemuan internasional yang khusus membahas masalah di Afghanistan," kata Jurubicara Kementrian Luar Negeri China Qin Gang, dalam keterangan pers berkala, di Beijing, Selasa.

Menurutnya, China akan mengutus Wakil Menteri Luar Negeri Song Tao untuk menghadiri pertemuan internasional khusus mengenai isyu Afghanistan yang akan berlangsung 27 Maret 2009 di Moskow, Rusia.

Selanjutnya Wakil Menteri Luar Negeri China Wu Dawei juga akan menghadiri pertemuan khusus lainnya yang membahas Afghanistan pada 31 Maret 2009 di Hague, Belanda.

Menurutnya, China berkeinginan secara proaktif menciptakan suatu wilayah damai di negara Asia itu sehingga dua pertemuan internasional itu penting untuk dihadiri.

Dua pertemuan itu diharapkan bisa mencari solusi terbaik dalam penyelesaian masalah yang terjadi di Afghanistan, sehingga situasi damai dan aman bisa tercipta.

Meskipun demikian, katanya, China tidak akan mengirimkan pasukannya ke Afghanistan dan kalaupun mengirimkan pasukan merupakan bagian dari misi perdamaian PBB.

"China tidak akan mengirimkan pasukan ke Afghanistan, kecuali sebagai bagian dari misi perdamaian PBB," katanya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009