Jakarta, (ANTARA News) - Penurunan harga BBM dan Tarif Dasar Listrik (TDL) oleh pemerintah dalam waktu dekat akan meningkatkan daya saing tekstil dan produk tekstil (TPT) di tanah air.

Sekjen Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) E G Ismy, di Jakarta, Rabu, mengatakan, penurunan harga BBM dan TDL sudah pasti berpengaruh bagi industri mengingat energi merupakan salah satu yang terpenting dalam struktur biaya produksi.

"Kita belum bisa menghitung berapa besar pengaruhnya, tetapi yang jelas ini akan membantu memperbaiki daya saing kita," ujar dia.

Menurut dia, sebagai negara dikenal memiliki sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang lebih dibanding negara ASEAN maupun Asia  lainnya harga energi di tanah air lebih murah.

Ia mencontohkan bagaimana harga listrik di Korea Selatan bisa lebih murah yakni empat sen per Kwh dibanding harga listrik di Indonesia yang mencapai 12 sen per Kwh.

Namun demikian, Ismy mengatakan, penurunan harga BBM dan TDL nanti dapat memberikan kesempatan bagi industri TPT di tanah air yang terpaksa berhenti produksi akibat krisis finansial kembali berproduksi.(*)
     

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009