Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta tim gugus percepatan penanganan COVID-19 DKI Jakarta untuk memperhatikan setidaknya empat hal ketika menjalankan tugasnya memerangi virus asal negeri tirai bambu itu.

"Satu, kesehatan. Siapkan betul bagaimana kita bisa mendukung seluruh aparatur medis kita," kata Anies dalam rapat Perdana Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 pada Senin (16/3) yang diunggah ke Youtube dan diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Selanjutnya, hal kedua yang harus diperhatikan oleh tim yang diketuai oleh Sekretaris Daerah DKI Saefullah adalah pasokan pangan.

"Pasokan pangan itu bisa menjangkau rumah tangga, bukan pasokan pangan sampai ke pasar. Kalau kondisi normal, kondisi pangan sampai ke pasar induk. Kalau sekarang, sampai ke rumah tangga. Saat isolasi, bagaimana pangan bisa sampai ke setiap rumah yang diisolasi," kata Anies.

Baca juga: Tim gugus diminta ikuti arahan ahli medis atasi COVID-19

Hal ketiga, adalah mobilitas penduduk.

Anies meminta tim gugus percepatan penanganan COVID-19 DKI agar memantau pergerakan penduduk baik yang terisolasi secara mandiri di rumah maupun yang masih beraktivitas di luar ruangan.

Terakhir hal yang harus diperhatikan oleh Tim Gugus adalah komunikasi antar anggota agar tetap berjalan dengan lancar.

"Jadi empat hal itu perlu jadi fokus perhatian. Itu saja dari saya. Mudah-mudahan pesan ini kita pahami bersama dengan jelas," kata Anies.

Baca juga: Pembatasan transportasi massal dinilai beri efek kejut bagi masyarakat

Lebih lanjut Anies mengatakan, kejadian ini bukan masalah pertama yang dihadapi bangsa ini.
"Kita sudah menghadapi tantangan banyak sekali. Di masa lalu kita hadapi dan kita berhasil. Sekarang insyaAllah kita akan berhasil melewati ini dengan baik," katanya.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020