Montevideo (ANTARA News) - Pimpinan klasemen babak kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan, Paraguay, menyerah 0-2 dari tuan rumah Uruguay, Sabtu (Minggu dinihari WIB).

Gol Diego Lugano dan Diego Forlan mengantar kemenangan Uruguay atas Paraguay, yang mengalami kekalahan keduanya dalam 11 pertandingan.

Meski kalah, Paraguay dengan 23 poin di klasemen Pra Piala Dunia Amerika Selatan masih favorit untuk yang keempat kalinya berturut-turut lolos ke putaran final.

Mereka unggul enam poin di atas urutan kedua Brazil, yang pada Minggu (Senin pagi WIB) berkunjung ke Ekuador.

Uruguay, dua kali juara dunia, sementara baru mengantongi 16 poin.

Dalam pertandingan di Montevideo tersebut, Paraguay semula tampak berbahaya ketika mereka mendapat peluang emas melalui tendangan bebas Salvador Cabanas dan sundulan Dario Veron.

Namun Uruguay justru yang dapat membuka skor pada menit ke-28 melalui Diego Forlan.

Gol terjadi berkat kerja sama dengan Paulo da Silva, yang sebelumnya mendapat umpan jauh dari Luis Suarez.

Uruguay terus melakukan tekanan. Sundulan Lugano nyaris membuahkan gol ketika bola melintas di atas gawang, demikian juga dengan tendangan Alvaro Pereira yang terlalu tinggi.

Paraguay mencoba mengimbangi dan hampir dapat menyamakan kedudukan ketika Aureliano Torres dan Haedo Valdez mendapat peluang emas.

Pada menit ke-57, Uruguay menambah keunggulan melaui Lugano. Pemain klub Fenerbahce itu melompat di antara penjagaan pemain-pemain belakang Paraguay untuk menyambut tendangan bebas, demikian Reuters. (*)

Pewarta: imung
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009