Johannesburg (ANTARA News/Reuters) - Striker klub Liga Premier Inggris Chelsea, Didier Drogba memimpin tim nasional Pantai Gading yang melibas Malawi 5-0 dalam pertandingan grup E babak kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Afrika, Minggu (Senin WIB).

Drogba, yang absen dalam enam pertandingan kualifikasi sebelumnya karena cedera lutut, mengeksekusi tendangan penalti di menit ketujuh, dan menambah lagi pada menit ke-27 ketika "pasukan gajah" ini memuaskan pendukungnya dengan kemenangan besar.

Pantai Gading melakukan start sempurna dengan mencetak gol melalui Christian Koffi Ndri ketika pertandingan baru berlangsung satu menit, sebelum dua gol tambahan dari Drogba sehingga kedudukan hingga babak pertama usai 3-0.

Rekan Drogba di Chelsea, Salomon Kalou mencetak gol keempat pada menit ke-59, disusul gol kelima pada menit ke-71 oleh striker klub Prancis Marseille Bakary Kone.

Pantai Gading memimpin klasemen grup bersama Burkina Faso, yang menaklukkan Guinea 4-2 Sabtu.

Di grup D, Ghana juga mencatat kemenangan, sementara dua tim lainnya yang bertandingan hari Minggu (Senin dinihari WIB) bermain imbang.

Tuan rumah Ghana juga mencetak gol pada menit pertama melalui Prince Tagoe dalam pertandingan melawan Benin, namun selanjutnya tidak gol lagi sehingga kedudukan tetap 1-0.

Juara Afrika, Mesir gagal meraih poin penuh pada pertandingan di kandang sendiri ketika ditahan 1-1 oleh Zambia.

Mesir lebih dulu unggul melalui Amr Zaki yang menyelinap diantara barisan belakang Zambia untuk menyambut sebuah umpan silang pada menit ke-26.

Namun ketika babak kedua berlangsung 10 menit Zambia dapat membalas melaui Francis Kasonde, dan kedudukan imbang bertahan hingga pertandingan usai.

Pada pertandingan lainnya, Mozambique berhasil menahan imbang Nigeria 0-0. (*)

Pewarta: imung
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009