Islamabad, (ANTARA News) - Kelompok gerilyawan Taliban pada Minggu dicurigai menculik 11 petugas keamanan dari daerah suku Pakistan Khyber Agency, kata pejabat.

Angkatan bersenjata Taliban menyerang satu pos pemeriksaan di daerah Shin Qamar, di Khyber Agency, dan menculik beberapa petugas keamanan setempat yang dinamakan `Khasadars` ke suatu tempat yang tak diketahui, seperti diwartakan IRNA-OANA

Tak satu pun kelompok mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut tetapi para pejabat mengatakan Taliban berada di balik aksi penculikan itu.

Insiden ini terjadi dua hari setelah serangan bom yang mematikan di satu mesjid di Khyber Agency, yang menewaskan lebih dari 50 orang, termasuk 17 di antaranya petugas keamanan.

Para pemimpin suku setempat melancarkan pencarian terhadap petugas-petugas keamanan yang lenyap itu, setelah pemerintah selatan membantu mereka. Namun, operasi tersebut tidak berhasil.

Seorang pejabat mengatakan bahwa seorang pejabat kelas bawah, Mohammad Ali, di antara mereka yang diculik.

Aksi penculikan dan serangan terhadap pasukan keamanan makin meningkat di Khyber Agency dalam beberapa pekan terakhir ini, setelah Taliban meningkatkan aktivitasnya di wilayah itu.

Khyber Agency adalah juga rute pasokan untuk pasukan NATO yang dipimpin Amerika Serikat yang paling penting di Afghanistan, dan para gerilyawan secara teratur menjadikan truk-truk pengangkut barang pasokan itu sebagai target mereka.

Gerakan Taliban pekan lalu meminta semua pasukan keamanan yang ada di Khyber Agency agar mengosongkan pos pemeriksaan mereka di jalan raya yang menghubungkan Pakistan-Afghanistan, jika tidak mereka akan serang.(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009