Puerto Ordaz, Venezuela, (ANTARA News) -  Saatnya Venezuela berbunga-bunga ketika mencetak dua gol dalam 15 menit terakhir, termasuk melalui tendangan bebas Juan Arango, ketika mengalahkan Kolombia 2-0 dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Amerika Selatan, Selasa (Rabu WIB).

Kemenangan itu juga menghidupkan kembali peluang Venezuela dalam persaingan memperebutkan tiket ke Afrika Selatan, demikian diwartakan Reuters.

Nicolas Fedor, yang bermain untuk klub divisi dua Spanyol Salamanca, membuka skor pada menit ke-77 dengan memanfaatkan umpan silang datar dari Anyelo Pena, hanya dua menit setelah ia masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti.

Empat menit kemudian Kolombia harus membayar mahal atas taktik bertahan yang diterapkannya dalam pertandingan itu, dengan kebobolan untuk kedua kalinya.

Bola hasil tendangan bebas Arango membentur bagian bawah mistar gawang Kolombia dan masuk.

Kolombia, yang baru meNcetak enam gol dari 12 kali main, kehilangan satu pemain setelah gelandang Abel Aguilar mendapat kartu merah di menit ke-27 karena menerjang Alejandro Moreno.

Dengan kemenangan ini Venezuela mengoleksi 13 poin dari 12 pertandingan dalam babak kualifikasi yang diikuti 10 tim tersebut, satu poin di bawah Kolombia, tiga poin di bawah Uruguay dan lima poin di bawah urutan empat Brazil.

Empat tim teratas nantinya akan berhak atas tiket ke putaran final Piala Dunia 2010, sedangkan urutan kelima akan mendapat kesempatan melalui playoff melawan urutan empat zona Concacaf.(*)

Pewarta: imung
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009