Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api (KA) Daerah Operasi I Jakarta mengerahkan rangkaian kereta tambahan Argolawu ke Solo pada Rabu (8/4) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang libur Pemilu 2009.

"KA Argolawu ini berkapasitas 350 tempat duduk kelas eksekutif dan berangkat dari stasiun Gambir pukul 21.15 WIB. Tiket mulai sekarang sudah bisa dipesan," kata Kahumas PT KA Daop I Jakarta, Ahmad Sujadi saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Pemilu tahap pertama, kata Sujadi, diikuti libur nasional sehingga bisa dikatakan akhir pekan yang panjang.

"Tanpa Pemilu pun biasanya penumpang di akhir pekan melonjak hingga 38 ribu dari kondisi normal 25 ribuan," katanya.

Oleh karena itu, bagi mereka yang hendak melaksanakan hak pilihnya di kampung halaman, KA Tambahan ini diharapkan mampu memenuhi perkiraan lonjakan permintaan.

"Jadi, berangkat malam, besok pagi sudah bisa nyoblos di kampung," katanya.

Dia juga mengatakan, dengan kereta tambahan ini akan sangat efektif membantu penumpang yang hendak mudik sebentar ke Purwokerto, Yogyakarta, Klaten dan Solo, bisa memanfaatkannya.

Kemudian, untuk penambahan kapasitas KA reguler dengan menambahkan rangkaian dari 6-8 menjadi 8-10 per perjalanan akan mulai digelar sejak 7 April 2009, baik untuk kelas bisnis maupun ekonomi.

"Jadi, seluruh KA ekonomi dan bisnis dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa mulai 7 April itu, kapasitasnya juga ditambah," kata Sujadi. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009