Seoul (ANTARA News/AFP) - Kondisi cuaca Sabtu `tidak ideal` bagi Korea Utara untuk meluncurkan satelitnya, kata para pakar, meskipun negara komunis itu mengumumkan pihaknya telah menyelesaikan persiapan-persiapan peluncuran.

"Di beberapa tempat bertiup angin kuat` antara tujuh sampai 10 meter per detik di tempat peluncuran Musudan-ri, di Korea Utara timur laut, Sabtu petang," kata seorang jurubicara dinas meteorologi.

"Terdapat sebagian mendung di sana, dan sekitar 30-50 persen langit diselimuti mendung," kata jurubicara itu kepada AFP.

Dia mengatakan , kondisi itu diperkirakan akan membaik Ahad pagi, dengan angin diperkirakan lebih lemah antara lima sampai delapan meter per detik. Namun langit sebagian masih mendung hingga Ahad.

"Memang, ini bukanlah kondisi yang cukup ideal` untuk suatu peluncuran, kata seorang pakar yang tak mau disebut namanya pada Lembaga Kedirgantaraan Korea kepada AFP.

"Suatu peluncuran roket memungkinkan jika angin bertiup sampai 15 meter per detik," katanya.

Korea Utara Sabtu pagi telah menyelesaikan persiapannya dan akan `segera` meluncurkan satelit komunikasinya.

Pihaknya sebelumnya mengumumkan akan mengadakan peluncuran antara 4-8 April, pada sekitar pukul 11:00 sampai 04:00 waktu setempat.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan, kamera-kamera telah disiapkan di tiga tempat yang berlainan di sekitar tempat peluncuran Musudan-ri.

Namun televisi YTN, mengutip sumber-sumber militer, mengatakan bahwa Korea Utara belum mengubah sistem-sistem radarnya, yang telah dideteksi beberapa jam sebelum peluncuran.

Para pejabat keamanan Seoul menolak memberikan komentar.(*)

Pewarta: imung
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009