Jakarta (ANTARA News) - Ratusan pengungsi korban tragedi Situ Gintung di Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Senin mengungsi di Wisma Kertamukti yang berjarak beberapa kilometer dari lokasi bencana.

Menurut petugas informasi di Posko Terpadu Wisma Kertamukti, Lamro Siregar, jumlah pengungsi yang ada di Wisma Kertamukti sekitar 45 keluarga atau 152 jiwa.

Korban yang berada di Wisma Kertamukti hanya sebagian dari 295 KK (1.408 jiwa) pengungsi korban bencana Situ Gintung.

Sebagian pengungsi, kata Lamro, memilih tetap tinggal di pengungsian semula dan tidak mau direlokasi ke Wisma Kertamukti yang disiapkan pemerintah.

"Ada sebagian yang telah mengontrak, ada pula yang telah dibawa anggota keluarganya," katanya.

Meski data resmi jumlah pengungsi di Wisma Kertamukti adalah 45 KK, tetapi tidak tertutup kemungkinan bahwa jumlah itu akan bertambah karena proses relokasi masih berlangsung.

Sementara itu, pembangunan dua blok barak di Wisma Kertamukti juga seluruhnya rampung.

Walikota Tangerang Selatan M Saleh menjelaskan pembangunan barak tersebut baru mencapai 80 persen sehingga para pengungsi untuk sementara ditempatkan di tenda yang terletak di halaman wisma.

Namun, bila telah selesai, maka para pengungsi akan ditempatkan di blok barak yang setiap kepala keluarga (KK) akan mendapatkan ruangan masing-masing sebesar 6 x 4 meter.
(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009