Palu (ANTARA News) - Sebanyak lima pemuka agama di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) Selasa malam menyepakati tentang pelaksanaan Pemilu 2009 yang aman, tertib, dan damai.

Pembacaan pernyataan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Gubernuran Sulteng, usai acara pelaksanaan doa bersama yang juga diikuti ribuan pemeluk lima agama itu.

Deklarasi penyataan itu dibacakan oleh pemuka agama Islam M Nur Sulaiman, yang didampingi empat pemuka agama lainnya.

Usai pembacaan pernyataan tersebut, kelima pemuka agama tersebut menandatangani kesepakatan itu dengan disaksikan ribuan umat yang menghadiri acara tersebut.

Secara garis besar, isi pernyataan tersebut adalah para pemuka agama mendukung agar pelaksanaan pemilu berlangsung tertib, aman dan damai.

Selain itu, para pemuka agama juga senantiasa membimbing umatnya agar memelihara kerukunan beragama, bermasyarakat dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Acara yang mendapat penjagaan ketat petugas keamanan itu dihadiri Gubernur Sulteng HB Paliudju, Ketua DPRD Sulteng Murad Nasir, Ketua KPU Sulteng Adam Malik, Ketua Panwaslu Sulteng Kasman Jaya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009