Manchester (ANTARA News/AFP) - Manchester United (MU) berada dalam posisi bahaya untuk mempertahankan gelar setelah ditahan imbang Porto 2-2 pada pertandingan pertama perempat-final Liga Champions hadapan pendukung sendiri di Stadion Old Trafford, Rabu dinihari.

Dengan hasil tersebut, MU harus menjalani perjuangan lebih berat karena pada pertandingan kedua minggu mendatang, harus memenangi pertandingan di kandang Porto yang selama ini dikenal sulit dikalahkan bila bermain di hadapan pendukung mereka.

MU, tim asuhan pelatih Sir Alex Ferguson tersebut sepertinya akan mengantongi kemenangan ketika unggul 2-1 melalui gol Carlos Teves saat pertandingan hanya tersisa lima menit lagi.

Tapi hanya berselang empat menit kemudian, pemain pengganti Porto, Mariano membawa mimpi buruk bagi tuan rumah MU ketika mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.

Hasil imbang 2-2 tersebut bertahan sampai pertandingan usai dan sekaligus mendatangkan tekanan kepada MU untuk menjadi klub Inggris pertama yang mampu meraih kemenangan saat bertandang ke Porto pekan depan.

Porto yang diasuh pelatih Jesualdo Ferreira bermain agresif langsung membuat kejutan ketika melalui gol Cristian Rodriguez meski pertandingan baru berjalan empat menit.

Tapi keunggulan tersebut tidak bertahan lama karena pada menit ke-15, Wayne Rooney berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah memanfaatkan kesalahan Bruno Alves.

Pada pertandingan tersebut, MU terlihat bermain serba salah di bagian pertahanan dan kondisi tersebut diperparah dengan tidak efektifnya bagian depan.

Dengan kondisi seperti itu, MU akan berada dalam bahaya saat bertandang ke Stadion Dragao, markas Porto pada pertandingan kedua, Rabu mendatang.

Hanya kemenangan yang bisa membuka peluang MU untuk mempertahankan gelar juara.

MU sebenarnya diharapkan untuk tampil dengan penuh semangat setelah kemenangan dramatis atas Aston Villa dengan skor 3-2 pada pertandingan Liga Inggris, Minggu lalu.

Namun yang terjadi adalah sebaliknya dan barisan pertahanan merupakan kelemahan utama dan membawa malapetaka.

Kelemahanan barisan pertahanan tersebut terlihat saat terjadinya gol pertama.

Ketika Christiano Ronaldo kehilangan bola, Lucho Gonzales memberikan umpan silang kepada Rodriguez, dan Jonny Evans seharusnya bisa dengan mudah menyapu bola.

Tapi bola malah justru mengarah ke Rodrigues yang kemudian tidak menyia-nyiakan peluang untuk menaklukkan kiper Edwin van der Sar.

Keputusan Alex Ferguson untuk memasukkan Teves pada pertengahan babak kedua membuahkan hasil ketika pemain asal Argentina tersebut membawa MU unggul 2-1 pada menit ke-85.

Gol tersebut berawal dari umpan Rooney yang menyambut bola lemparan Neville dari pinggir lapangan dan bola yang mengarah ke gawang langsung disambar Teves.

Gol tersebut tidak membuat Porto patah semangat, namun mereka justru mencoba bangkit dan kelengahan barisan pertahanan MU berakibat fatal.

Pada pertandingan lainnya, Arsenal, klub wakil Inggris lainnya juga ditahan imbang dengan skor 1-1 oleh tuan rumah Villareal (Spanyol).

Villareal unggul lebih dulu pada menit kesepuluh melalui gol Senna, tapi Arsenal berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Emmanuel Adebayor.

Berikut hasil pertandingan pertama babak perempat-final Liga Champions Eropa, Rabu dinihari WIB:

Di Manchester, Inggris:

- Manchester United (Inggris) 2 (Rooney 15, Tevez 85) Porto (Portugal) 2 (Rodriguez 4, Mariano 89)

Di Villareal, Spanyol:

- Villarreal (Spanyol) 1 (Senna 10) Arsenal (Inggris) 1 (Adebayor 65)

Jadwal pertandingan Rabu (Kamis WIB):

Di Barcelona: Barcelona (Spanyol) v Bayern Munich (Jerman)

Di Liverpool: Liverpool (Inggris) vs Chelsea (Inggris).(*)

Pewarta: imung
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009