Praha (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola (FA) Ceko memecat pelatih tim nasional Petr Rada, Rabu, menyusul serangkaian hasil buruk serta memberhentikan enam pemain karena melanggar disiplin setelah mereka kalah dalam kualifikasi Piala Dunia dari Slovakia pekan lalu.

Organisasi tersebut mengatakan telah menskors pemain depan Milan Baros, Martin Fenin dan Vaclav Sverkos ditambah pemain tengah Radoslav Kovac dan Marek Matejovsky serta pemain belakang Tomas Ujfalusi dari tim nasional tanpa batas.

Rada tahun lalu menggantikan Karel Brueckner, yang memimpin Republik Ceko maju ke semifinal Euro 2004.

"Alasan pemberhentian mereka adalah hasil yang tidak memuaskan pada dua pertandingan terakhir dan penampilan tim dalam pertandingan tersebut," kata kepala FA Pavel Mokry dalam jumpa media seperto diwartakan Reuters.

Ceko kalah 1-2 dari Slowakia pada 1 April, yang merupakan kekalahan pertama dari tetangga mereka sejak 1997. Hasil tersebut sungguh merusak peluang mereka untuk mencapai babak final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Sebelum itu, mereka bermain imbang saat bertandang ke Slovenia.

Mereka berada di urutan keempat dalam Grup Tiga kualifikasi Piala Dunia dengan delapan poin dari enam pertandingan, di bawah pemimpin klasemen Irlandia Utara dengan terpaut lima poin dan satu pertandingan di tangan.

FA mengatakan keenam pemain diskors karena disiplin buruk, setelah media melaporkan pesta besar setelah pertandingan melawan Slowakia, kali kedua para pemain diketahui mabuk hingga dini hari.

"(Alasannya adalah) bahwa itu terulang lagi," kata Mokry. "Para pemain dalam kontrak mereka diatur bagaimana harus bersikap di depan publik."

"Kami mendiskusikan apakah akan memberi hukuman hingga tanggal tertentu, atau tanpa batas. Akhirnya, tanpa batas," kata Mokry.

Matejovsky mengatakan kepada kantor berita CTK, "Tentu saja saya merasa menyesali ini. Saya selalu sangat gembira mewakili (negara saya) dan bermain untuk tim nasional dan berusaha untuk memberi penampilan maksimal. Saya tidak pernah menghadapi masalah seperti ini."

FA, yang tidak menunjuk pelatih baru, mengatakan bahwa keputusan itu akan tergantung pada kepemimpinan baru FA yang akan dipilih pada pertemuan umum 27 Juni. Pemimpin baru itu juga bisa mengubah skorsing pemain. (*)

Pewarta: imung
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009