Bekasi (ANTARA News) - Calon anggota DPD-RI daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar), periode 2009-2014 Dr Ginandjar Kartasasmita, unggul telak di TPS 72, RW 12 kelurahan Jatiringan, Bekasi Selatan dengan meraih 44 suara, jauh meninggalkan calon lain seperti Tayo Tarmad (19).

Ketua KPPS 72, Philiph, mengatakan, Ginandjar yang juga anggota DPD 2004-2009 Jawa Barat cukup dikenal di Bekasi Selatan hingga banyak yang menjatuhkan pilihan padanya.

"Dia (Ginandjar) kan mantan mentri dan keberadaannya di DPD sebagai Ketua DPD RI membuktikan kemampuan diri hingga warga mempercayai suaranya," ujar Philip.

Urutan selanjutnya dalam pemilihan calon anggota DPD-RI adalah Syofyan Yahya (17), Ella M. Giri Komala (13), Ariet Natadiningrat (8), KH. M. Mursjid dan Hasanuddin (6). Calon lain dengan perolehan berkisar 0-5 suara.

Untuk perhitungan suara DPRD Provinsi Jawa Barat dari daerah pemilihan VI Bekasi dan kota Bekasi di TPS 72 pukul 18.30 WIB masih terus berlangsung.

Anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) TPS 72, Anton Harsono, mengatakan, dari 274 pemilih terdaftar hanya 187 yang menyalurkan hak pilih.

Untuk TPS 72, calon anggota DPD-RI, banyak piliha warga yang tidak sah.

Dari kertas suara untuk DPD, ada pemilih yang membuat gambar dan melukis di kertas suara, bukan menconteng ataupun mencentang si calon.

Ada juga calon yang mencoret dengan menyilangi seluruh kertas suara, atau memberi tanda tanya hingga pilihan tidak sah.

"Sebagian warga tidak tahu dan tidak pernah mendengar nama-nama calon DPD RI dari Jawa Barat itu hingga mereka ada yang sengaja mencoret-coret dan menggambar dikertas surat suara," ujarnya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009